MENCIPTAKAN VISI, MISI DAN STRATEGI


MENCIPTAKAN VISI, MISI DAN STRATEGI

 kata kata iklan sprite  - 2.1. Pemimpin Menciptakan Visi

Menurut Drucker, fondasi dari kepemimpinan yang efektif adalah memikirkan visi dan misi organisasi, mendefinisikannya, dan menegakkannya secara jelas dan nyata. Pemimpin menetapkan tujuan, menentukan prioritas, serta menetapkan dan memonitor standar. Sedangkan menurut Tony Buzan dalam buku The Power of Spiritual Intelegence, visi didefinisikan sebagai kemampuan berpikir atau merencanakan masa depan dengan bijak dan imajinatif, menggunakan gambaran  mental tentang situasi yang dapat dan mungkin terjadi di masa mendatang. Visi pemimpin merupakan keinginan pemimpin yang bersifat ideal yang dirumuskan secara seksama, yang menentukan arah atau keadaan masa depan. Dengan demikian visi merupakan titik permulaan dari kenyataan hari esok suatu perusahaan. Visi yang benar merupakan suatu gagasan yang sangat ampuh yang dapat membuat loncatan awal ke masa depan dengan memadukan segala sumberdaya untuk mewujudkan visi tersebut. Visi yang benar memiliki daya tarik dan menyebabkan orang lain membuat komitmen, membangkitkan tenaga dan semangat, mampu menciptakan makna bagi kehidupan perusahaan, mampu menciptakan standar yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan perusahaan, dapat digunakan orang luar (pelanggan) untuk mengukur manfaat perusahaan baginya, menjadi jembatan utama antara apa yang dikerjakan perusahaan sekarang dengan apa yang diinginkan perusahaan di masa depan, merupakan prasyarat utama untuk perencanaan strategik dan merupakan landasan untuk merumuskan misi perusahaan. 
Bill Gates mempunyai visi “Sebuah komputer di atas setiap meja kerja di setiap rumah, menjalankan perangkat Microsoft”. Maka setelah Bill Gates menciptakan MS-DOS, ia membuat sistem operasi Windows seperti halnya rumah menggunakan jendela (window) yang menyebabkan Bill Gates menjadi entrepreneur terkaya di dunia. Tidaklah benar benar bahwa hanya Bill Gates semata yang berperan dalam menempatkan PC di kantor-kantor dan di rumah-rumah di seluruh dunia, tetapi Bill Gates mempunyai visi untuk melihat apa yang mungkin dan keinginan untuk mengubah visi tersebut menjadi kenyataan.



Bill Gates


 Thomas Watson Sr. mengganti nama perusahaan Computing Tabulating Recording Company menjadi International Business Machine (IBM), meskipun pada saat belum beroperasi secara internasional, tetapi Thomas Watson mempunyai visi bahwa perusahaan tersebut di kemudian hari menjadi perusahaan yang beroperasi secara internasional. Ketika Watson menamai International Business Machine (IBM) banyak orang ketika itu mentertawakannya. Bahkan ada yang bilang bahwa Watson memberi nama tersebut terlalu membesar-besarkan perusahaannya. Tetapi sekarang IBM merupakan perusahaan modern dan para manajernya menjadi model peranan utama dengan setelan baju putih, dasi polos, semangat menjual yang luar biasa. Pada tahun 2003 ini IBM terpilih sebagai Perusahaan Komputer yang paling mengagumkan dunia versi majalah Fortune.



Thomas Watson



Jeff Bezos

Jeff Bezos merupakan pendiri Amazon.com, yang pada awalnya hanya merupakan toko buku.. Mengapa ia menamakan perusahaannya dengan Amazon ?. Karena “sungai Amazon merupakan sungai terbesar di dunia” kata Jeff Bezos. Bagaimana dengan sungai Nil ?. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia, jika dibandingkan dengan Sungai Amazon volume airnya hanya merupakan anak sungai Amazon. Sungai Amazon memuat 20 % air bersih dunia, maka Jeff Bezos mempunyai tentang perusahaannya kelak menjadi perusahaan yang menguasai 20 % pasar dunia. Amazon.com yang membuka situs E-Commernya pada bulan Juli 1995, bermula dari toko buku kemudian meluas ke compact disk (CD) kemudian ke lelang dan sekarang ribuan produk yang berbeda dan pedagang yang berbeda. Pada tahun 1996 dapat menjual 15,7 juta dolar dan melonjak menjadi 600 juta dolar pada tahun 1998. Amazon.com dilaporkan pada  tanggal 1 November sampai 23 Desember 2002, konsumen yang melakukan order di seluruh dunia  56 juta item sehingga menjadi toko online terbaik tahun 2002 versi majalah Yahoo.   
John F. Welch, Jr  (CEO) dari General Electric menyatakan :“ Kami menggunakan tiga prinsip operasi untuk menetapkan suasana dan perilaku di General Electric : tanpa perbatasan dalam semua perilaku kami, kecepatan dalam segala hal yang kami lakukan dan peregangan dalam setiap sasaran yang kami tetapkan". Perilaku tanpa perbatasan memperpadukan dua belas bisnis global besar, masing-masing nomor satu atau nomor dua di pasar, ke dalam laboratorium luas yang produkutamanya adalah gagasan baru, bersama dengan komitmen umum untuk menyebarkannya keseluruh perusahaan. Kecepatan adalah sesuatu yang biasanya tidak ditemukan dalam perusahaan sebesar General Electric, tetapi di General Electric ditemukan dalam bentuk kecepatan pengembangan produk, rancangan ulang daur (dari pesanan sampai pengiriman), menetapkan kembali kemampuan dengan mengurangi investasi pabrik dan peralatan. Peregangan berarti menggunakan impian untuk menetapkan sasaran yang melebihi target yang telah ditetapkan.




Jack F. Welch

Meskipun demikian banyak pemimpin yang tidak memiliki unsur spiritual dalam visi hidup meraka, maka tidak heran banyak pemimpin yang sepintas tampak bahagia, makmur dan sukses duniawi yang melimpah, tetapi hidup mereka hampa tak bermakna. The New York Times melaporkan bahwa pendapatan riil telah meningkat lebih dari 16 % selama tiga puluh tahun ini di Amerika, namun orang Amerika yang menggambarkan diri mereka sendiri sebagai “sangat bahagia” sesungguhnya dalam kurun waktu yang sama telah turun dari 36 % menjadi 29 %. Dalai Lama mengatakan “Orang dapat lebih bahagia jika saja mereka saling berbagi kekayaan, berbagi teman yang lebih banyak, nama yang lebih harum, hal-hal positif yang diwariskan, dan juga berkurangnya penyesalan saat mereka meninggal nanti. Mereka dapat berkata pada diri sendiri, setidaknya aku telah menggunakan uangku untuk membantu orang lain”, demikian tulis Howard C. Cutler dalam buku The Art of Happiness at Work.



Dalai Lama

Pemimpin besar yang tidak bergelimang harta, bahkan tidur di tikar yang membekas pada tubuhnya, bersahabat dengan kemiskinan dan orang yang lemah, tetapi hidupnya penuh makna ádalah Muhammad SAW, yang merupakan pemimpin yang mempunyai visi menjadi rahmat seluruh alam.


2.2. Pemimpin Menciptakan Misi

Misi pemimpin merupakan perwujudan dari visi pemimpin. Keduanya merupakan acuan utama dari segala perubahan yang terjadi dalam perusahaan. Jika visi merupakan keinginan pemimpin, maka misi merupakn perwujudan dari keinginan pemimpin tersebut. Maka penurunan visi menjadi misi mencerminkan perubahan yang diharapkan, yang menggambarkan perjalanan dari titik berangkat sebagai keadaan awal ke arah titik pencapaian sebagai keadaan yang diharapkan. Untuk melaksanakan proses perubahan tersebut diperlukan pendekatan startegis yang sistematik, rasional dan obyektif serta terstruktur. Misi pemimpin merupakan arahan yang spesifik untuk merumuskan sasaran dan tujuan perusahaan.  
“Meningkatkan kepemimpinan yang jelas, di seluruh dunia. Ini seperti mengatakan kalau kita akan mengirim tim ke Olimpiade, kita harus memilih pertandingan di tempat kita punya peluang yang masuk akal untuk memenangkan medali emas. Karena keuntungan menjadi pemimpin dalam kategori produk konsumen di tingkat dunia cukup besar, kita harus menyalurkan sumberdaya kita ke arah ini, dan kita tidak punya sumberdaya untuk juga terlibat dalam pertandingan lain di tempat tidak ada kemungkinan kita akan memenangkan hanya medali perunggu sekalipun “ kata Alfred M. Zeien, pimpinan dewan direksi Gillette kepada karyawan, dalam buku Say It and Live It, yang ditulis oleh Patricia Jones dan Larry Kahaner.



Alfred M. Zeien.

“Misi kami adalah kepuasan pelanggan total yang merupakan tanggungjawab tertinggi setiap orang. Perusahaan adalah sebuah orkes. Banyak unsur yang terus menerus berusaha mencampur keserasian. Pada saat kapan saja satu bagian mungkin serasi atau tidak serasi. Mungkin ini contoh yang terlalu kasar. Dalam perusahaan kami, masing-masing bias memikirkan bahwa pusat alam semesta adalah departemen kami. Dalam pernyataan misi, kami berpikir hal yang berharga dengan menekankan yang sudah jelas, bahwa tanggungjawab merupakan hal yang sangat pribadi. Kata setiap orang sangat penting, karena hal itu berarti tidak ada seorangpun di antara kami yang ditinggalkan. Ini berarti kami bertanggungjawab secara eksklusif dan langsung. Kami satu tim “ kata Bob Galvin, putra pendiri perusahaan Motorola. Motorola yang telah berusia lebih dari 75 tahun tersebut didirikan oleh  Paul V. Galvin dan Joseph E. Galvin.




Paul V. Galvin dan Joseph E. Galvin.

Dalam buku The Marketing Game, Eric Schulz, menyatakan bahwa didalam perusahaan yang terorganisasi dengan sangat baik sekali pun, masih terdapat benang kusut dalam sistem operasionalnya. Hal ini biasa terjadi selama dilakukan perubahan internal, misalnya reorganisasi atau pengembangan departemen baru. Selanjutnya Schulz berkata “Di Coca-Cola, kami memperkenalkan konsep misi dan aturan operasinal departemen segera setalah saya bertugas sebagai Direktur Pemasaran Olimpiade Sedunia (Worldwide Olympic Marketing). Ketika Atlanta, pusat Coca-Cola Company, menjadi kota penyelenggara olimpiade 1996, Olimpiade selalu menjadi bahan pembicara di hamper setiap rapat. Saya sadar bahwa saya menjadi sangat terkenal dalam waktu singkat. Saya belum pernah merasa dibutuhkan orang seperti ini, saya mendapat lusinan undangan rapat setiap hari. Kelihatannya, setiap depertemen ingin terlibat dalam Olimpiade. Yang terjadi bukanlah sinergi yang kuat, namun kekacauan, Bagian pemasaran mengusulkan ratusan ide. Sebagian ide kelihatannya menarik namun sulit diwujudkan – berbagai proyek komunitas, ide promosi, permintaan untuk menampilkan atlet Olimpiade, bros Olimpiade, dan souvenir Coke / Olimpiade. Dan itu belum sampau setengahnya. Para pemasok juga mengusulkan ribuan ide. Saya menerima sebuah proposal dari seorang konsultan Coke untuk mendirikan Manara Eiffel di tengah kota Atlanta untuk memperingati Olimpiade. Konsultan lain menginginkan saya membiayai pembangunan tiang totem perdamaian tertinggi di dunia. Ada juga yang ingin agar saya menghias langit di atas Atlanta dengan balon-balon udara panas Coca-Cola selama olimpiade berlangsung. Ide tergila datang dari seorang Perancis yang telah membuat replika pesawat Spirit of St. Louis milik Charles Lindbergh. Dia telah mengecat pesawat tersebut sehingga mirip dengan botol Sprite dan menamainya “The Spirit of Sprite.” Dia berencana nelakukan kembali penerbangan dari New York ke Paris seperti yang pernah dilakukan oleh Lindbergh pada saat pembukaan Olimpiade. Dia mengharapkan saya mensponsorinya sebesar satu juta dollar. Singkat kata, perjalanan tersebut tidak pernah terlaksana. Tidak butuh waktu lama untuk menyadari bahwa perusahaan akan menerima ribuan proyek yang berbeda tanpa sasaran utama dan sinergi strategi, kecuali saya dan manajemen senior menetapkan posisi Departemen Pemasaran Olimpiade dalam sasaran akhir (big picture) perusahaan, lalu menentukan tanggung jawab spesifikyang akan diemban oleh grup saya. Meskipun demikian, beberapa departemen yang idenya ditolak menyatakan bahwa keputusan saya tidak adil, tidak sah, atau terlalu bodoh. Untuk menentukan tugas kami, tim manajemen mengasingkan diri selama dua hari dan membuat suatu misi dan peraturan pelaksanaan untuk Departemen pemasaran Olimpiade. Pernyataan misi tersebut mendefinisikan sasaran keseluruhan departemen kami. Misi dan Peraturan Pelaksanaan Bagin Pemasaran Olimpiade telah menjelasakan secara gamblang sasaran yang hendak kami capai sebagai perusahaan dan menitikberatkan usaha tim saya pada tugas yang diemban. Dan hal ini berhasil. Upaya yang dilakukan tim Olimpiade Coca-Cola pada tahun 1996 merupakan upaya pemasaran global terbesar dan paling sukses yang pernah ada dalam sejarah perusahaan. Selama delapan bulan upaya pemasaran yang dilakukan, volume penjualan di seluruh dunia meningkat sebesar 9 %, laba global meningkat 22 %, dan harga saham Coca-Cola meningkat 32 % Mengapa hal ini bisa terjadi ? Karena, Misi dan Peraturan pelaksanaan Bagian pemasaran Olipiade memungkinkan kami untuk menyatukan system perusahaan dalam satu tema, satu penampilan, dan satu sasaran, serta untuk bekerja sama dalam mencapai hasil bisnis yang sangat spektakuler. Intinya sangat sederhana. Kebanyakan perusahaan tidak memiliki misi kerja yang jelas. Dalam lingkungan bisnis yang semakin berkembang saat ini, Anda tidak hanya dituntut untuk memiliki misi kerja yang jelas, singkat, dan terdefinisi dengan baik untuk keseluruhan perusahaan, namun setiap departemen juga perlu mengembangkan misninya masing-masing yang merupakan identifikasi atas perannya dalam memberikan dukungan pada sasaran perusahaan.”
 2.3. Pemimpin Menciptakan Strategi

Menurut Webter’s New World Dictionary, definisi strategi ádalah ilmu perencanaan dan penentuan arah operasi-operasi militer berskala besar. Strategi adalah bagaimana menggerakkan pasukan ke posisi paling menguntungkan sebelum pertempuran aktual dengan musuh.
Sedangkan Jack Trout dalam bukunya Trout On Stategy, inti dari strategi adalah bertahan hidup, persepsi, menjadi berbeda, persaingan, spesialisasi, kesederhanaan, kepemimpinan dan realitas.




Jack Trout

Menggunakan strategi yang baik adalah bagaimana bertahan hidup dalam dunia kompetitif. Kunci sukses adalah memahami dasar-dasar bisnis. Dasar bisnisyang nomor satu adalah merancang dan mempertahankan strategi yang jelas dan terfokus. “Kami sudah lama menjadi perusahaan yang sukses sekali, tetapi sukses bisa menjadi musuh yang paling buruk. Kami ingin berhati-hati agar kami tidak terlalu percaya diri. Beberapa orang menggunakan kata angkuh. Dalam keadaan sukses seperti kami, kami tidak ingin merasa puas. Kami ingin mendekati setiap hari dengan ketidakpuasan yang sehat dengan status quo” kata Arnold Langbo, CEO Kellog Company.
Inti dari strategi adalah persepsi. Keunggulan bersaing perusahaan, sesungguhnya adalah keunggulan komunikasi. Sehingga masalah dalam bersaing adalah masalah dalam berkomunikasi. Strategi Positioning sesungguhnya adalah strategi komunikasi. Periklanan merupakan bentuk komunikasi yang, dari sudut pandang penerima, dibangun dalam penghargaan yang rendah. Jika Anda berhasil dalam dalam periklanan, kemungkinan Anda akan berhasil  dalam bidang bisnis, agama, politik atau aktivitas lainyang membutuhkan komunikasi massa. Positioning merupakan konsep yang mengubah keaslian iklan, konsep yang sederhana yang membuat orang menghadapi kesulitan dalam memahami kekuatannya. Positioning dimulai dengan sebuah produk, barang, jasa, perusahaan, atau orang. Tetapi positioning bukanlah sesuatu yang Anda lakukan terhadap produk. Positioning adalah sesuatu yang Anda lakukan terhadap pikiran calon konsumen, yaitu menempatkan produk itu pada pikiran calon konsumen. Maka merupakan kesalahan jika menyebut konsep ini sebagai “positioning produk”. Seperti halnya Anda melakukan sesuatu hal terhadap fisik produk itu. Juga salah jika positioning tidak melibatkan perubahan. Tetapi perubahan tersebut adalah perubahan terhadap nama, harga dan kemasan bukan terhadap produk secara keseluruhan. Pada dasarnya ada perubahan penampilan yang akan dilakukan dengan tujuan menjamin sustu posisi yang lebih berharga dalam persepsi calon konsumen. Positioning juga merupakah tubuh pemikiran yang pertama yang dirancang untuk memegang permasalahan dalam mendengarkan masyarakat kita yang kebanjiran informasi. Satu-satunya pertahanan yang dimiliki seseorang dalam masyarakat adalah pemikiran yang sangat sederhana. Maka pendekatan terbaik yang akan diambil sesorang dalam masyarakat adalah pesan yang sederhana.  John Sculley, mantan Chairman Apple Computer mengatakan “Segala hal yang telah kita pelajari dalam era industri cenderung menciptakan kerumitan yang semakin parah. Saya kira semakin banyak orang yang sadar bahwa Anda harus melakukan penyederhanaan, bukan sebaliknya. Ini ide yang sangat Asia, bahwa kesederhanaan adalah kecanggihan terhebat”.


John Sculley

Inti strategi adalah menjadi berbeda. Menjadi yang pertama, penguasaan atribut, kepemimpinan, senjata, bagaimana produk dibuat, dan kejadian. Jika tidak bisa, maka dengan harga rendah. Michael Dell memutuskan menjual PC dengan cara berbeda, yaitu menjual langsung ke konsumen dan merakit pesanan. Michael Dell tidak menjual PC ke ditributor. Kini, setiap orang dalam industri ini sedang mencoba meniru strategi Dell, tetapi sudah terlambat. “Ketika hanya ada Anda dan pelanggan, Anda sebenarnya telah memulai hubungan dengan pelanggan “ kata Michael Dell.

Foto Michael Dell

Inti dari strategi adalah persaingan. Kenalilah pesaing-pesaing Anda, hindarilah kekuatan mereka, eksploitasi kelemahan mereka. Sam Walton meciptakan suatu organisasi yang sukses dengan tak henti-hentinya mengumpulkan informasi dari garis depan. Baik dia maupun wakil presdir regionalnya tak henti-hentinya berkunjung ke toko-toko Wal-Mart, sambil mengumpulkan gagasan-gagasan dari para karyawan di semua tingkatan. Walton lebih lanjut mencegah terjadinya jebakan kepicikan dengan jalan secara t memeriksa toko-toko pesaing. Sepanjang pekan Walton dan para manajer topnya mengumpulkan keterangan-keterangan intelejen sampai sekecil-kecilnya, yang tidak disaring dulu oleh lapisan-lapisan fungsionaris perusahaan yang banyak itu. Setiap Sabtu, mereka bertemu untuk mengambil keputusan tentang penjualan barang untuk pekan-pekan mendatang. Di penghujung hari itu juga, semua rencana dikomunikasikan kepada semua tingkatan karyawan di semua toko. Demikian tulis Martin S. Fridson dalam bukunya How to Be a Billionaire.




Sam Walton

    Lebih baik menjadi luar biasa dalam satu hal daripada jago dalam banyak hal. Beritahu konsumen bahwa Anda adalah spesialis. Hemming Motor News merupakan majalah spesialis motor dengan penjualan 265.000 kopi per bulan. Pendapatan kotornya mencapai 20 juta dolar setahun. Satu terbitan memiliki 800 halaman dengan 20.000 iklan. “Saya hanya seorang biasa di atas kuda luar biasa” kata Terry Ehrich, salah satu pemilik majalah tersebut. Sebuah kuda yang sangat spesialis, tulis Jack Trout.



Terry Ehrich bersama Bill Clinton

Ide-ide strategis besar hampir selalu muncul dengan kata-kata sederhana. Menguasai satu kata di kepala. Emery Air Freight, berdiri 1946 merupakan perusahaan kargo udara pertama di dunia. Emery terjebak, bukan memfokuskan diri pada layanan kargo tertentu, malah menawarkan layanan kargo apapun. Layanan kargo semalam, layanan dua hari, layanan paket kecil dan layanan paket besar. Apapun yang Anda kirim Emery akan melayaninya. Di awal 1970-an Federal Express adalah pemain yang baru berjuang dalam bisnis pengiriman barang. Namun dengan sangat brilian CEO Fred Smith membuat strategi yang berfokus pada pengiriman barang semalan (overnight) saja. Kata “semalam (overnight)” inilah yang menghantar kejayaan Federal Express.



Fred Smith

Inti dari strai adalah kepemimpinan. Tidak seorangpun akan mengikuti Anda jika Anda tidak tahu kemana mesti melangkah. Akio Morita memberikan arah Sony untuk menemukan pasar-pasar baru dengan sebutan “semangat perintis”. “Sony adalah perintis dan tidak pernah bertujuan untuk mengikuti yang lain. Melalui kemajuan, Sony ingin melayani seluruh dunia. Sony akan selalu menjadi penemu hal yang belum diketahui. Sony memiliki prinsip menghargai dan mendukung kemampuan seseorang dan selalu membawa yang terbaik dari seseorang. Ini merupakan kekuatan vital bagi Sony” kata Morita. Sony menciptakan handycam, home video recorder pertama dan floppy disk.  Kesuksesannya paling terkenal adalah ide Morita tetantang Walkman.
   


Akio Morita

Realitas merupakan inti dari strategi. Tujuan serupa dengan mimpi, bangunlah dan hadapi realitas. Intinya adalah realitas pasar. Lebih baik menjadi yang pertama daripada menjadi yang lebih baik, itulah realitas bukan khayalan. “Meskipun para CEO tidak bisa melakukan semua hal dewasa ini, satu hal yang harus selalu mereka perhatikan adalah ralitas pasar. Jika salah satu pakar pemasaran Anda menemui Anda dengan membawa sebuah produk baru, tanyakan berapa banyak produk serupa yang telah terlebih dahulu ada di pasar. Lalu desak dia untuk menjelaskan mengapa konsumen mau membeli produk tersebut, bukan produk-produk pesaing. Jika jawabannya tidak memuaskan, kirimkan kembali ke ruang kerjanya. Tetapi sebelum dia pergi, ingatkan dia bahwa salah satu hukum pertama dari positioning adalah Lebih baik menjadi yang pertama daripada menjadi yang lebih baik. Itulah realitas bukan khayalan “ kata Jack Trout. “Pemasaran terlalu penting untuk diserahkan kepada departemen pemasaran” kata almarhum David Packard, salah satu pendiri Hewlett-Packard.
 


David Packard


 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  kata kata iklan sprite

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang PEMASARAN DALAM BISNIS

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : elib.unikom.ac.id/download.php?id=80489
buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
 MENCIPTAKAN VISI, MISI DAN STRATEGI

No comments:

Post a Comment