SURVEI IKLAN TELEVISI Yang Paling Lucu, Menarik dan Sensual


SURVEI IKLAN TELEVISI Yang Paling Lucu, Menarik dan Sensual


iklan di televisi yang paling menarik  - Iklan bagi sebagian orang sering kali menyebalkan, terutama jika iklan itu nongol saat mereka sedang asyik menikmati acara televisi. Siapa pun boleh jengkel, namun perlu diingat, acara televisi yang kita tonton ini tidak terlepas dari iklan. Bagi pemirsa, iklan memang mengganggu keasyikan menonton. Namun bagi stasiun televisi, iklan adalah sumber pendapatan. Tak heran jika banyak program televisi yang disesaki iklan—terutama acara yang diminati pemirsa.

Berkaitan dengan iklan televisi, SurveyOne baru-baru ini telah melakukan survei tentang perilaku pemirsa televisi terhadap munculnya jeda iklan. Survei yang dilakukan terhadap 1.400 responden di 4 kota besar (Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar) ini memperlihatkan bahwa kebanyakan pemirsa Indonesia  akan beralih ke stasiun lain jika muncul jeda iklan. Tercatat sebanyak 65% responden melakukan hal itu. Banyaknya stasiun televisi serta adanya remote control adalah dua hal yang memungkinkan penonton mudah beralih ke channel lain.

Temuan ini bisa saja merupakan cermin ketidaksukaan pemirsa terhadap iklan televisi. Namun, ini tentunya merupakan tantangan bagi para pemasang iklan: bagaimana membuat iklan yang enak ditonton sekaligus diingat oleh pemirsa. Kendati demikian, bukan berarti pemasang iklan mesti berkecil hati untuk memasang iklan di televisi. Sebab, ada 31,6% responden lainnya yang tetap melihat iklan yang muncul di tengah acara yang sedang ditonton. Hanya saja, pemasang iklan harus pandai memilih waktu dan acara yang tepat, jika iklannya ingin ditonton. Dan tentu saja iklan yang dibuat dengan kemasan menarik pasti mengundang minat konsumen untuk menontonnya.

Untuk memikat pemirsa, maka iklan di televisi haruslah diproduksi seindah dan semenarik mungkin dengan gambar dan warna yang prima. Selain gambar yang indah dan menarik, alur ceritanya pun mesti dibuat sesuai dengan pesan yang disampaikan. Begitu pula dengan model iklannya, haruslah dipilih karakter yang sama dengan target audiensnya. Oleh karena itu, dalam survei ini, SurveyOne juga menanyakan kepada responden tentang iklan yang dianggap paling lucu, menarik, dan sesual.

Dari sekian banyak merek produk/jasa yang beriklan, Sampoerna Hijau paling banyak disebut sebagai iklan paling lucu. Dari dulu, iklan ini memang terkenal lewat Geng Hijau-nya. Iklan mereka dianggap lucu karena dikemas dengan gaya yang fun, membumi, dan humoris. Unsur-unsur ini sesuai dengan karakter pasarnya, yaitu: laki-laki, usia muda, orang-orang sederhana, menghargai kebersamaan, tingkat sosial yang tinggi, dan sangat humoris.

Pertama kali dikomunikasikan, iklan Sampoerna Hijau menggunakan tagline “Asyiknya Rame-rame”, dengan memunculkan 15 versi cerita. Kemudian pada tahun 2004, tagline Sampoerna Hijau diubah menjadi “Nggak Ada Loe Nggak Rame”, ceritanya pun dibuat dengan berbagai versi. Perubahan ini dimaksudkan agar konsumen tidak bosan terhadap mereka.

Sampoerna Hijau memang piawai menciptakan iklan yang berhasil menancap di benak konsumen. Iklan merek ini tidak saja dianggap sebagai iklan paling lucu, namun juga dianggap sebagai iklan paling menarik. Persentase yang diraihnya pun jauh lebih tinggi dibandingkan persentase yang diraih iklan merek lainnya.

Iklan susu Dancow ternyata juga dianggap sebagai iklan paling lucu. Kelucuan ini divisualisasikan lewat dua bocah laki-laki dan perempuan yang bercerita tentang petualangan mereka di hutan Amazon dengan mimik polos dan lucu. Untuk Mie Sedaap, sejak Tukul menjadi bintang iklannya, iklan ini juga dianggap lucu.

Masih soal iklan lucu, Yamaha pun tidak ketinggalan. Iklan mereka terlihat lucu karena menggunakan endorser-endorser seperti Komeng, Didi Petet, serta pelawak lainnya. Belum lagi alur ceritanya yang hiperbola, dengan mempertontonkan jembatan ambruk dan suasana pesta yang berantakan setelah Komeng lewat dengan motor Yamaha yang melaju kencang.

Dipilihnya Komeng sebagai endorser, menurut David Warrior, Direktur Strategic Planning The Agency, yang diwawancarai MARKETING beberapa bulan lalu, karena ia masih muda dan punya gaya humor berbeda dengan pelawak lainnya. Jadi, Komeng memiliki ciri khusus. Di pasar sepeda motor di Tanah Air yang  mengarah kaum menengah ke bawah, aspek kultur anak muda yang “bandel” dalam berkendara memang amat pas.

Keberhasilan iklan Yamaha menancap dalam ingatan konsumen juga karena konsisten dalam menyampaikan pesan yang sama dalam setiap iklannya, yaitu tentang performa kendaraan sepeda motor. Hal ini membuat konsumen  memiliki persepsi tunggal terhadap merek tersebut. Hasilnya, iklan Yamaha tidak saja dianggap iklan paling lucu, tapi juga iklan paling menarik.

Sementara itu, cara berpakaian serta gaya model saat beraksi dalam iklan rupanya sangat kuat mempengaruhi persepsi konsumen terhadap iklan tersebut. Lihat saja, Hemaviton yang menampilkan cewek-cewek berpakaian seksi yangg bergaya cukup erotis ternyata menumbuhkan persepsi sensual. Dari hasil survei, iklan Hemaviton menempati posisi teratas sebagai iklan paling sensual.

Iklan Lux juga dianggap paling sensual. Merek ini banyak menggunakan bintang-bintang iklan yang cantik dan biasanya menggambarkan seorang wanita sedang mandi. Dalam versinya balon udara, Lux menampilkan Aishwarya Rai (bintang cantik dari India) yang sedang mandi di bathtub yang disambungkan dengan balon udara.

Dalam versi lainnya, seperti versi naik kuda, terlihat seorang wanita memakai gaun dan hendak mandi. Kemudian gaunnya terlepas sehelai demi sehelai. Iklan-iklan Lux yang selama ini muncul di televisi memang tampak kreatif dan imajinatif. Namun, lantaran kadang memperlihatkan bagian kaki hingga sebagian paha yang putih mulus, muncul persepsi di sebagian konsumen bahwa iklan ini sensual.

Uniknya, ternyata tidak banyak responden yang menganggap iklan Hormoviton—yang selalu menggunakan bintang sexy Sarah Azhari—sebagai iklan paling sensual. Dibandingkan dengan Hemaviton dan Lux, iklan Hormoviton terpaut jauh di bawah dan hanya berada di urutan kelima. Justru banyak responden yang mempersepsi iklan Sutra (kondom) sebagai iklan yang paling sensual. Adegan dalam iklan Sutra memang terlihat lebih mendekati  ekspresi suami istri yang akan melakukan hubungan intim. (Anang Ghozali)

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  iklan di televisi yang paling menarik

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Daftar Harga Makanan Instant 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : http://www.marketing.co.id/survei-iklan-televisi-yang-paling-lucu-menarik-dan-sensual/
buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
 SURVEI IKLAN TELEVISI Yang Paling Lucu, Menarik dan Sensual

No comments:

Post a Comment