Biskuit Roma, Sahabat Sejati Keluarga Indonesia

Biskuit Roma, Sahabat Sejati Keluarga Indonesia

marketing,marketing mix,integrated marketing communications,word of mouth marketing,integrated marketing,marketing news,sports marketing,buzz marketing,niche marketing,guerilla marketing
Biskuit Roma, Sahabat Sejati Keluarga Indonesia

strategi pemasaran malkist - Biskuit Roma, Makanan Pilihan Keluarga Indonesia
Sahabat sejati adalah sahabat yang setia mendampingikita sepanjang masa. Bersama sahabat, kita merajut berbagai kisah sejarah entah itu dalam keadaan suka maupun duka. Mungkin hal ini juga tepat menggambarkan Biskuit Roma dimana Biskuit Roma setia mendampingi perjalanan hidup keluarga Indonesia sejak tahun 1948.
Siapa sih yang tak kenal Biskuit Roma? Produk yang menjadi salah satu pilihan cemilan sehat keluarga di seluruh nusantara bahkan sampai keluar negeri. Coba anda tengok ke setiap supermarket, anda pasti akan menemukan produk Biskuit Roma yang terpampang di lemari etalase. Saya berani jamin anda pasti akan menjumpai produk ini. Hal ini membuktikan bahwa Biskuit Roma merupakan salah satu camilan yang wajib dimiliki keluarga Indonesia sebab selain memilikicita rasa yang khas,biskuit ini mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Coba deh lihat di belakang bungkus Roma, anda akan menemukan informasi nilai gizi yang terkandung dalam biskuit ini mulai dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, Vitamin B12, vitamin E dan diperkaya dengan kalsium yang bermanfaat bagi tulang.

1385742255418494357
Kandungan Nilai Gizi Biskuit Roma yang tercantum di kemasan

1385743004792779797
Pajangan Biskuit Roma di salah satu Supermarket di Makassar
Launching Logo Baru Biskuit Roma

1385742474439216111
Lauching Logo Baru Biskuit Roma
Suatu kesempatan berharga ,diundang dalam acara launching logo baru Biskuit Roma yang diselenggarakan Rabu, 27 November 2013 bertempat di Hotel Imperial Aryaduta Makassar.Walau saat itu hujan turun,namun takmenghambat langkahku menuju kegiatan ini.
Ketika tiba di pintu masuk ruangan Masamba 5 dimana kegiatan ini berlangsung, tampak seorang yang ramah menyapaku. Sungguh jarang-jarang loh, seorang blogger mahasiswa seperti saya disapa  karena biasanya event-event yang saya ikuti sebelumnya terkesan ada kasta-kasta dalam pemilihan peserta. Setelah memperkenalkan diri bahwa saya seorang blogger, beliau pun memberikan kartu namanya dan saya pun mengetahuisosok yang ramah itu adalah kak Susan Bunawan, seorang operation manager dari Gobel Asia.Waduh, setelah tahu latar belakang beliau, saya jadi minder soalnya jarang- jarang loh saya disapa oleh orang yang sehebat kak Susan.

13857430861619865997
Suasana di Meja Registrasi
Setelah mengisi form pendaftaran, saya pun memasuki ruangan acara. Tampak wartawan-wartawan dari beberapa media seperti Detik.com, Kompas TV, Fajar Group, BeritaKota, dan media pers lainnya sibuk mempersiapkan segala atributnya. Tampak pula rekan-rekan dari radio swasta di Makassar, Blogger Makassar, dan karyawan-karyawan PT. Mayora bersiap-siap mengikuti acara.
13857432181270774836
Hiruk Pikuk Peserta Undangan sebelum acara dimulai

13857434132029208909
Para Tamu Undangan Tampak Antusias mengikuti acara
Pukul 10.15 acara pun dimulai. Tampak di panggung depan duduk tiga orang pembicara yang siap membagi-bagikan ilmunya. Ada Ibu Nur Anti Madjid , SE, MT selaku Kabid Kualitas Hidup Perlindungan Perempuan dan Anak Badan Pemberdayaan Perempuan Provinsi Sulsel, Bapak Ricky Afrianto selaku direktur pemasaran Mayora Group dan Ibu Indy Barends selaku Brand Ambassadordari Roma.
13857434671953284095
Tiga Pembicara Dalam Rangkaian Launching Logo Baru Biskuit Roma
Pembicara pertama, Ibu Nur Anti Madjid
Ibu Nur Anti Madjid memaparkan mengenai tanggung jawab pemerintah Sulawesi Selatan dalam menjamin perlindungan kualitas sektor sandang, papan dan pangan. Dalam hal ini, Ibu Nur mengatakan bahwa Pemprov sudah berusaha semaksimal mungkin mengontrol peredaran makanan-makanan yang bermanfaat bagi anak- anak.Beliau mengapresiasilangkah Biskuit Roma untuk bersinergi dalam mewujudkan program tersebut dimana Biskuit Roma merupakan salah satu biskuit yang memiliki kualitas yang baik dan cocok dikonsumsi anak-anak.Beliau pula memberikan masukan agar nantinya pihak Biskuit Roma mampu menyediakan zona nyaman bagi anak-anak di sekolah dan menyarankan agar Roma menproduksi kemasan ekonomis yang pas bagi anak-anak sehingga anak-anak tersebut mampu mengkonsumsi produk yang bergizi ini.
Pembicara kedua, Ibu Indy Barends
Ibu Indy Barends berbagi inspirasi mengenai langkah-langkahnya dalam mengenalkan produk sehat dalam keluarganya. Beliau termasuk orang yang selektif dalam memilih makanan-makanan yang sehat bagi keluarganya terutama dalam pemilihan cemilan sehat bagi putra-putranya. Dari dulu, beliaumenjadikan produk Roma sebagai salah satu cemilan terpercaya bagi keluarganya karena Ibu dari dua putra ini yakin bahwa kandungan gizi dalam Biskuit Roma mampu membantu pemenuhan gizi bagi anak-anaknya. Apalagi Biskuit Roma termasuk cemilan yang lezat dan terjangkau bagi semua kalangan.
Pembicara ketiga, Pak Ricky Afrianto .
 13857435591823273528
Pemaparan Pak Ricky Tentang Biskuit Roma
Pada sesi ini, Pak Ricky mengenalkan tentang seluk beluk Biskuit Roma mulai dari sejarah berdirinya, lokasi pabrik, varian dari Roma hingga pencapaian yang telah diraih Biskuit Roma setelah 50 tahun lebih menemani keluarga Indonesia. Tak lupa juga diperkenalkan tentang logo baru dan filosofi makna logo baru Biskuit Roma.
Logo Baru Biskuit Roma
1385743874637070630
Perbedaan Logo Lama dan Logo Baru Biskuit Roma, dok:benemenulis.blogspot
13857439651130311520
Inilah Logo Baru Biskuit Roma
Setelah 50 tahun menemani keluarga Indonesia, Biskuit Roma berganti logo yang lebih baru agar terlihat lebih fresh, trendy dan modern. Perubahan logo Roma ini juga memperkuat tekad dalam komitmen Roma untuk terus memberikan kebaikan dan kebahagiaan bagi keluarga Indonesia.  Logo ini mengambil tema “Serving Goodness and Happines yang merupakan perwujudan refleksi dari pengalaman, dedikasi dan komitmen Roma dalam memahami keinginan dan kebutuhan konsumen di Indonesia. Dari logo yang baru ini, tersimpan banyak makna filosofi yang mendalam yaitu :
1.Sinar matahari memiliki arti hari yang baru dalam menghadapi masa depan yang cemerlang serta hidup yang optimis dan menginspirasi
2.Ladang gandum memiliki arti sumber nutrisi yang berasal dari alam sekitar
3.Mahkota melambangkan kualitas terbaik
4.Langit yang berwarna biru memiliki arti hidup yang positif
5.Senyum memiliki arti kebahagiaan
Pak Ricky juga menjelaskan bahwa Biskuit Roma selalu berusaha memberikan kualitas yang terbaik. Roma berfokus pada tiga hal yaitu memberikan kebaikan disetiap produk Roma, misalnya Roma Marie, Roma Malkist, Roma biskuit kelapa dan lainnya, edukasi tiada henti tentang nutrisi kepada konsumen dan inovasi yang menjawab setiap kebutuhan konsumen.
Setelah para pembicara selesai mensharekan ilmu-ilmunya, maka tiba saatnya diberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengajukan pertanyaannya. Pembawa acarahanya memberi kesempatan kepada 20 orang untuk bertanya. Tampak begitu semangatnya para peserta untuk bertanya. Salah satu pertanyaan yang menarik bagi saya yaitu pertanyaan mengenai alasan dipilihnya gandum sebagai salah satu bahan baku varian Biskuit Roma. Pertanyaan ini dijawab langsung oleh pak Ricky yang menuturkan bahwa gandum merupakanmemiliki beragam nutrisi manfaat seperti vitamin,mineral,serat. Hal ini turut berkontribusi memenuhi kebutuhan gizi terutama serat yang ada pada gandum ini dapat mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan,sementara vitamin di dalamnya berguna untuk menjaga berat badan. Setelah semua pertanyaan dijawab, dipilihlah tiga pertanyaan terbaik yang masing-masing mendapatkan sebuah Hp Android.

1385745002631675539
Seorang Peserta Mengajukan Pertanyaan
Di akhir acara, dilakukanlah pemberian secara simbolik 194.800 keping Biskuit Roma sebagai bentuk kepedulian Biskuit Roma dalam menyajikan makanan sehat dan bergizi bagi keluarga Indonesia khususnya buat anak-anak di Indonesia.

1385743645292178256
Penyerahan Simbolik 194800 keping Biskuit Roma
Setelah acara berakhir, saya menemukan satu momen yang jarang kita bisa temukan di acara-acara lainnya. Terlihat kebersamaan para karyawan PT. Mayora yang tampak bahagia dengan keberhasilan mereka dalam menyelenggarakan acara ini. Rasa kekeluargaan juga terlihat dari tingkah laku para karyawan dimana saat itu salah satu karyawan merayakan ulang tahunnya dengan dipandu Indy Barends. Hal ini memperlihatkan terjadi kekompakan sesama karyawan sebagai satu keluarga dalam naungan PT. Mayora. Momen ini juga memperlihatkan bahwa Biskuit Roma tidak hanya menyajikan kebahagian bagi konsumentetapi juga para karyawannya pun tampak bahagia berada di bawah payung perusahaan PT. Mayora. Ada rasa saling memiliki satu sama lain. Tak salah pula Biskuit Roma memilih Indy Barend sebagai Brand Ambassadornya sebab Ibu Indy tak hanya sekedar menyapa dan mempromosikan Biskuit Roma kepada konsumen tetapi juga mampu bergaul dan terjun langsung dengan para karyawan perusahaan Mayora.

13857437002099410123
Perayaan Hari Ulang tahun salah satu Karyawan Biskuit Roma
Varian Biskuit Roma
13857438201467349289
Varian Biskuit Roma
Biskuit Roma merupakan salah satu brand biskuit terbesar dari Indonesia. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari surveiNielsen di bulan Agustus 2013. Roma merupakan salah satu produk dari PT. Mayora dimana perusahaan ini selain memproduksi Biskuit Roma, juga memiliki produk lain semisal kembang gula, wafer,coklat, kopi dan makanan kesehatan. Secara khusus, Biskuit Roma memiliki enam varian yaitu:
1.Roma Biskuit Kelapa, biskuit yang gurih dan berasal dari kelapa asli yang sudah menjadi bagian keluarga Indonesia
2.Roma Marie Susu, biskuit dengan manfaat susu dan mengandung vitamin D.
3.Rima Chees’ Kress, crackers renyah dengan keju asli yang baik untuk keluarga.
4.Roma Sari Gandum Cokelat, biskuit dari sari gandum asli yang tidak hanya enak tapi bermanfaat.
5.Roma Coffejoy, biskuit super renyah  dengan rasa kopi asli.
6.Roma Malkist Crackers, crackers renyah yang membantu sebagai penganjal lapar.
Keunggulan dan Prestasi Roma
Biskuit Roma merupakan salah satu produk yang patut diacungi jempol. Selain menyediakan produk sehat, lezat dan bergizi, Biskuit Roma memiliki keunggulan lainnya yaitu memiliki sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), mampu menerapkan dan memproduksi produk secara profesional menggunakan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP), menjadi perusahaan nasional yang menjadi tuan rumah di negeri sendiri, melakukan ekspor ke luar negeri, memiliki belasan pabrik di luar negeri dan yang lebih membanggakannya yaitu memproduksi produk tanpa menggunakan MSG dan pengawet.
Berbagai pencapaian prestasi pun pernah ditorehkan Biskuit Roma yaitu mendapat penghargaan “ Top 100 Exporter Companies in Indonesia” dari Majalah SWA; penghargaan “Top Five Best Managed Companies in Indonesia” dari Majalah Asia Money; Penghargaan 1st place of Food and Beverages Sector ini Top 100 Public Listed Companies” dari Majalah Investor berturut-turut tahun 2009, tahun 2010; penghargaan “ Best Manufacturer of Halal Product” tahun 2004 oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan mendapat pengakuan standar operasional seperti ISO 22000 tahun 2005 dan ISO 9001 tahun 2008. Biskuit Roma juga diterima baik di luar negeri semisal di negara-negara ASEAN, China, India, Austalia,  Jepang, Eropa, USA, Amerika Latin dan masih banyak lagi.
Kisah Biskuit Roma dan Keluargaku
Biskuit Roma merupakan salah satu cemilan favorit dalam keluargaku. Dari beberapa variannya, Biskuit Roma Kelapa dan Biskuit Malkist Crackers adalah varian yang terfavorit. Produk Roma senantiasa menemani keluarga kecilku dimana selain biskuitnya punya rasa yang lezat dan bergizi, harganya pun cukup terjangkau.
Di kampung halamanku, Tana Toraja, adalah salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Rasa dan aromanya punya citarasa yang khas. Dalam tradisi Toraja sendiri, tidak afdol rasanya jika hanya disajikan segelas  kopi. Perlu camilan yang pas sambil menikmati kopi Toraja. Dalam keluargaku, ibuku menyediakan kopi bersama dengan panganan ringan seperti kue khas Toraja yang disebut Deppa Tori dan kue Ba’de Kadong dan juga ditambah kehadiran Biskuit Roma Kelapa. Tiga sejoli ini sering  disediakan ibuku kepada para tamu atau keluarga yang datang berkunjung ke rumah.
http://assets.kompasiana.com/statics/crawl/552cc91b6ea83486228b4576.jpeg?t=o&v=700
Padanan Kopi Toraja, Kue Khas Toraja dan Biskuit Roma

138574431938694231
Adikku menikmati sajian Biskuit Roma, kopi Toraja dan Kue khas Toraja yang telah disediakan
Rasa terima kasih saya sebesar-besarnya kepada pihak Biskuit Roma yang telah mengundang saya, terima kasih juga kepada rekan-rekan Blogger Reporter Indonesia, Blogger Angging Mammiri yang telah menginformasikan kegiatan ini dan juga terima kasih kepada teman-teman baru yang saya temui di acara ini mulai dari rekan-rekan dari Aliansi Jurnalis Independen Makassar, Radio Merkurius, Blogger kampus Unismuh dan juga kak Susan. Semoga Biskuit Roma senantiasa menyajikan produk berkualitas dan tetap menjadi produk biskuit nomor satu di tengah keluarga Indonesia

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang strategi pemasaran malkist

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Logo “Blue Core” Gantikan Slogan “Semakin di Depan” pada Yamaha YZR-M1

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka contoh marketing : http://www.kompasiana.com/heriyanto_rantelino/biskuit-roma-sahabat-sejati-keluarga-indonesia_552c0b886ea834fb338b4579

No comments:

Post a Comment