7P – Marketing Mix of PT. Astra Honda Motor

 7P – Marketing Mix of PT. Astra Honda Motor

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
 7P – Marketing Mix of PT. Astra Honda Motor


marketing mix 7p on pop mie - PRODUK
PT. Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971.

PT. AHM mengeluarkan banyak sekali produk dan jasa pada pelanggan seperti dibawah ini:

1. SEPEDA MOTOR HONDA

– Tipe Bebek (Honda Revo, Honda Blade, Honda Supra)
– Tipe Matic (Honda PCX 150, Honda Scoopy, Honda Beat)
– Tipe Sport (Honda CBR, Honda Megapro, Honda Tiger

2. BENGKEL RESMI SEPEDA MOTOR MERK HONDA

AHASS. Astra Honda Authorized Service Station adalah bengkel resmi sepeda motor merk Honda. Berfungsi untuk melakukan perawatan sepeda motor Honda dan pelayanan after sales servis di Indonesia. Serta melayani pembelian spare part motor Honda atau suku cadang asli Honda.

3. HONDA GENUINE PARTS

PT. AHM juga menyediakan spare parts yang asli seperti oli, drive chain kit, plastic part, dan sebagainya.

PRICE
Price yang berarti harga sangat mempengaruhi akan terjualnya suatu barang dan jasa yang ditawarkan.

Dalam menentukan harga PT. AHM ini menggunakan strategi seperti :
1. Menentukan harga sesuai dengan segment pasar,
2. Variasi harga dari varian produk,
3. Harga suku cadang yang bersaing,
4. Memberikan cash back terhadap pembelian motor Honda, hal ini dapat dilakukan    melalui FIF, Adira, maupun jasa pembiayaan lain.

PLACE
Place yang berarti tempat, erat kaitannya dengan pendistribusian.

Jaringan produk motor merk Honda yang sangat luas dan tersebar diseluruh Indonesia, merupakan sebuah penghargaan dari hasil penjualan produk motor merk Honda yang dilakukan oleh PT. AHM. Hal itu membuat PT. AHM bisa memiliki jaringan di 30 propinsi dan terdapat lebih dari 1500 dealer yang tersebar.

PROMOTION
1. ADVERTISING

Setiap produk yang diluncurkan PT. AHM memiliki karakteristik iklan yang berbeda, karena setiap produk memiliki segmentasinya masing-masing. Contohnya produk Honda memiliki tagline yang dibuat pada tahun 2010 yaitu “One Heart”.

2. PERSONAL SELLING

PT. AHM memiliki Sales Promotion Girl (SPG) & Sales Promotion Boy (SPB) sebagai personal selling yang ditempatkan pada dealer-dealer resmi, guna memberikan informasi kepada konsumen terkait produk-produk yang telah diluncurkan ke pasaran.

3. SALES PROMOTION

Sales promotion merupakan salah satu cara untuk memberikan penawaran-penawaran khusus/nilai tambah dari produk-produk yang dijual PT. AHM kepada calon konsumen agar menarik minat mereka sehingga dapat meningkatkan penjualan.

4. DIRECT MARKETING

Salah satu strategi yang dilakukan dalam hal Call center PT. AHM tidak menggunakan penjawab telepon otomatis, melainkan dengan menyediakan customer service yang sangat terlatih. PT. AHM akan menindaklanjuti masalah atau keluhan yang telah disampaikan untuk tetap dapat menjamin kepuasan para pelanggannya.

5. PUBLIC RELATIONS

Public Relation yang bekerja pada PT. AHM bertugas untuk melakukan kegiatan yang sistematis untuk mencapai citra positif perusahaan dan meyakinkan customer bahwa produk-produk dari perusahaan tersebut berkualitas.

PEOPLE
PT. AHM sangat memperhatikan kepuasa pelanggan. Maka dari itu PT. AHM cukup selektif dalam mempekerjakan karyawan.

Terdapat beberapa aspek ‘People’ yang cukup berpengaruh dalam kemajuan PT. AHM terutama dalam hal penjualan; diantaranya ialah PT. AHM menggunakan strategi yang unik dalam hal call center, PT. AHM tidak menggunakan penjawab telepon otomatis, melainkan dengan menyediakan customer service yang sangat terlatih. Guna mempermudah penindaklanjutan dari masalah/keluhan dimana yang merasakannya adalah para pelanggan.

Adapun PT. AHM memiliki Sales Promotion Girl (SPG) & Sales Promotion Boy (SPB) sebagai personal selling yang ditempatkan pada dealer-dealer resmi, guna memberikan informasi kepada konsumen terkait produk-produk yang telah diluncurkan ke pasaran.

PROCESS
Terdapat beberapa pelayanan yang diberikan PT. AHM guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk proses pembelian produk motor merk Honda, ada dua cara yang dapat ditempuh, yaitu:

1. MELALUI DEALER RESMI

Dengan adanya kita datang melalui delaer resmi, kita bisa melakukan proses pembelian produk motor merk Honda. Dibantu oleh SPG/SPB yang akan membantu kita untuk memilih dan menentukan, merk motor Honda tipe apa yang akan kita beli.

2. MELALUI WEBSITE

Dengan memasuki alamat web yang dimiliki PT. AHM, kita bisa memesan produk motor merk Honda secara online. Dengan beberapa prosedur yang mudah dimengerti.

Dalam pembelian produk motor merk Honda melalui delaer resmi atau website, barang yang telah kita pesan, akan diantarkan ke alamat kita. Ini merupakan salah satu teknik yang dilakukan PT. AHM guna mempermudah konsumen. Adapun sistem pembayaran dapat dilakukan dengan cara cash ataupun kredit.

PHYSICAL EVIDENCE
Upaya yang dilakukan PT. AHM dalam memberikan stimulan pada calon costumer adalah dengan melakukan beberapa hal berikut:

1. Menata produk motor merk Honda yang beragam tipe di depan toko atau di halaman toko dari toko dealer resmi. Guna menarik perhatian calon costumer.

2. Membuat brosur yang menarik, dengan adanya gambar produk yang dijual dan list atau urutan jenis-jenis produk berikut dengan harganya. Hal ini akan mempermudah calon costumer dalan menangkap informasi.

3. Menampilkan interface yang simple pada websitenya. Pilihan menu yang jelas. Mempermudah calon costumer atau costumer untuk mengaksesnya.



references:

https://prezi.com/td03xcsstdnl/analisis-sostac-untuk-pt-astra-honda-motor/

http://arisnurdin.blogspot.co.id/2013/05/ulasanqu-perencanaan-dan-strategi.html

http://www.ekomarwanto.com/2012/04/marketing-mix-7p-produk-price-promotion.html

http://lovelaguku07.blogspot.co.id/2014/03/analisis-strategi-pemasaran-pt-astra.html

http://manajemenunika.blogspot.co.id/2011/11/konsep-7p-dalam-marketing-mix-di.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Astra_Honda_Motor
St
http://www.astramotor.co.id/artikel/bengkel-motor-ahass-bengkel-resmi-sepeda-motor-honda

https://www.linkedin.com/pulse/history-marketing-mix-from-4ps-7ps-yousef-baalbaki

Dengan adanya informasi yang kami sajikan  marketing mix 7p on pop mie

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang   Analisa Strategy Intregrated

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka contoh marketing :   https://jarneriah.wordpress.com/2016/01/16/7p-marketing-mix-of-pt-astra-honda-motor/

No comments:

Post a Comment