Mau Membuat Marketing Plan? Perhatikan 4 Poin Berikut

Mau Membuat Marketing Plan? Perhatikan 4 Poin Berikut

marketing,marketing mix,integrated marketing communications,word of mouth marketing,integrated marketing,marketing news,sports marketing,buzz marketing,niche marketing,guerilla marketing
Mau Membuat Marketing Plan? Perhatikan 4 Poin Berikut


mau membuat marketing plan - membuat marketing plan

Membuat marketing plan adalah hal yang penting untuk dilakukan agar tujuan pemasaran bisnis kita tercapai. Ada banyak tulisan di internet  yang mengajarkan bagaimana cara membuat marketing plan. Mulai dari yang sederhana untuk UKM, hingga yang kompleks untuk perusahaan. Bila Anda sedang membuat marketing plan, ada baiknya bila memasukkan 4 poin berikut:

Target Penjualan / Sales


Target penjualan harus ada di dalam marketing plan yang kita buat. Tanpa target sales kita akan kesulitan mengukur kesuksesan kegiatan pemasaran. Tentukan lah target sales kita setidaknya dalam 3 hal berikut: Volume, Nilai, dan Periode. Misalnya volume yang ingin dicapai adalah menjual 10.000 produk, nilainya adalah Rp 1 Milyar, dan periodenya untuk 3 bulan.

Target Market dan Channel Distribusi


Bila target penjualan sudah dimasukkan ke dalam marketing plan, selanjutnya adalah menentukan target market produk kita. Target pasar ini sangat penting karena menggambarkan siapa target pelanggan kita. Target market bisa kita tentukan berdasarkan demografi (gender, usia, dan lokasi), Psikografi (misalnya kutu buku, pecinta kucing, anak gaul, dsb), dan juga Kelas sosial. Setelah target pelanggan jelas, tentukan juga bagaimana cara menjangkau mereka. Ini lah saatnya menentukan channel distribusi pada marketing plan kita, apakah kita menggunakan reseller, melalui toko online, atau jalur distribusi konvensional.

Strategi Produk


Strategi produk juga merupakan poin penting yang perlu diperhatikan saat membuat marketing plan. Strategi produk bisa terkait dengan brand, tagline, kemasan, harga, varian, inovasi, atau penawaran untuk pelanggan. Kita perlu menyesuaikan strategi produk dengan target market yang kita incar. Biasanya akan mudah menentukan strategi produk apabila sudah mengetahui kelebihan dari produk kita.

Strategi Promosi


Produk yang baik perlu dipromosikan agar orang tahu tentang keberadaannya. Sekilas strategi promosi mirip dengan channel distribusi, padahal keduanya berbeda. Channel distribusi bertujuan untuk memastikan produk tersedia di hadapan pelanggan. Sedangkan promosi bertujuan untuk memberitahukan kepada target pasar tentang produk kita. Contoh strategi promosi antara lain adalah: direct marketing, advertising, menggunakan jasa adwords
, sponsorship, atau melalu social media. Setiap produk memiliki strategi promosi tersendiri. Strategi pemasaran produk baru misalnya, tentu akan berbeda dengan produk yang sudah dikenal.

Itulah tadi 4 poin yang perlu diperhatikan saat membuat marketing plan. Bila Anda telah memulai bisnis cobalah untuk membuatnya.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang mau membuat marketing plan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Daftar slogan iklan

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka contoh marketing : http://blog.idkeyword.com/mau-membuat-marketing-plan-perhatikan-4-poin-berikut/

No comments:

Post a Comment